Nurul Mustaman

Forum Dan Komunitas Pertanian Indonesia © Forum Dan Komunitas Pertanian Indonesia

Dibuat : 06-12-2017, 14:07:31    Kategori : News

Indonesia orang katakan tanah surga, ya ini dapat disebutkan benar. Sebab tanah Indonesia adalah tanah yang begitu subur di mana beragam jenis tanaman bisa tumbuh subur di sini. Bahkan juga mereka katakan tanam tongkat tumbuh pohon sebab karena sangat suburnya tanah di negeri kita ini.

Dengan keadaan tanah yang begini pastinya begitu untungkan bila disertai dengan pengelolaan serta pemakaian yang baik. Di Indonesia sendiri mata pencaharian orang-orang kita beberapa besar yaitu bercocok tanam, jadi dengan keadaan alam yang untungkan ini semestinya ini adalah kesempatan besar untuk kita dalam mengoptimalkan hasil pertanian hingga keinginan nantinya bisa berperan satu diantaranya dalam soal menolong Negara jadi negara yang mandiri pangan serta bukanlah tergantung pada impor.

Kenyataan Pertanian Indonesia Waktu Ini

Bagaimana Kondisi Pertanian Indonesia Waktu Ini? Keadaan pertanian di Indonesia, saat ini merasa cukup memprihatinkan. Dimana Indonesia yang di kenal jadi negara agraris (negara yang maju pertaniannya), saat ini jadi mengimpor makanan pokoknya dari negara beda. Walau sebenarnya rakyat serta bumi kita yang terkasih ini masih tetap bisa penuhi keperluan beras untuk makan kita keseharian. Tidak cuma beras namun hasil pertanian beda juga alami nasib yang sekian. Kenapa hal itu bisa berlangsung?

Aspek-faktor yang mengakibatkan pemerintah Indonesia mesti mengimpor beras dan hasil pertanian yang lain satu diantaranya yakni karena meningkatnya jumlah masyarakat yang makin tidak teratasi. Dengan adanya banyak jumlah masyarakat, jadi makanan pokok yang diperlukan juga demikian banyak, hingga hasil pertanian dalam negeri tidak memenuhi untuk penuhi keperluan penduduknya.

Diluar itu aspek cuaca juga memastikan seberapa banyak hasil panen dalam bertani. Cuaca yg tidak menentu, seperti pergeseran musim hujan serta musim kemarau mengakibatkan petani kesusahan dalam mengambil keputusan saat yang pas untuk memulai masa tanam, dengan benih bersama pupuk yang dipakai hingga tanaman yang ditanam alami perkembangan yg tidak lumrah serta menyebabkan tidak berhasil panen.

Momen begini seringkali berlangsung di nyaris tiap-tiap daerah di Indonesia serta buat petani yang miskin makin miskin karna kegagalan panen itu. Diinginkan pemerintah juga memerhatikan nasib beberapa petani yang sama memprihatinkannya dengan keadaan pertaniannya. Harusnya ada penyuluhan serta pembekalan pengetahuan mengenai pertanian pada petani itu butuh dikerjakan untuk Memajukan Bidang Pertanian Indonesia .

Seperti bagaimana caranya bertanam yang bersahabat dengan alam serta memakai tehnologi hingga bertani memberi banyak keuntungan dibanding dengan kerugiannya, tetapi teknologinya juga yg tidak membahayakan alam. Serta itu berlaku untuk kita semua, yakni ambil keuntungan tanpa ada mengakibatkan kerusakan alam. Hingga ada kecocokan serta keseimbangan alam juga terbangun, serta kita dapat hidup sejahtera. Dan memberi jaminan hidup petani, di mana petani bisa pelihara alat pertaniannya serta dalam bertani juga bisa dikerjakan denngan lancar.

Masih tetap terdapat banyak aspek sekali lagi yang buat Indonesia mesti mengimpor sebagian hasil pertanian intinya beras, seperti tempat pertanian yang makin sempit. Perkembangan tehnologi serta merabaknya industri di Indonesia buat pertanian yang memakai cara simpel ini makin memudar keberadaanya. Persawahan yang membentang luas di setiap daerah saat ini mulai terkikis tergantikan pabrik-pabrik yang mungkin saja kurang bersahabat dengan alam. Harusnya ada pembatasan pendirian industri hingga laju perubahan industri serta pertanian jalan dengan seimbang. Hingga pemakaian barang industri serta hasil pertanian cukup untuk memakmurkan rakyat.

Tetapi kenyataannya, di Negara agraris ini, di Negara yang tanahnya subur ini, orang-orang kita masih tetap kesusahan memakai alam al quran dalam soal untuk menolong mengoptimalkan hasil pertanian, ini dapat karena sebab kurang seimbangnya praktik di lapangan dengan pengetahuan yang dipunyai, umumnya orang-orang kita bercocok tanam seadanya berdasar pada pengetahuan yang mereka ketahui. Dalam hal semacam ini jadi dibutuhkan penyuluhan- penyuluhan atau sosialisasi mengenai perlunya penguasaan pengetahuan dalam soal pertanian sebelumnya lakukan praktik dilapangan supaya hasil yang didapat bisa maksimum serta untungkan.

Di masa yang serba digital ini, semestinya kita sadar, tidak cuma menanti pengetahuan itu datang tetapi kita harus juga mencari pengetahuan itu. Jaman saat ini semuanya serba dimudahkan, demikian halnya dalam mencari info mengenai pertanian yang nanti bisa menaikkan pengetahuan kita dalam bercocok tanam. Baik itu lewat situs, situs (blog), Komunitas, ataupun yang lain.

Dari sebagian pilihan itu, Komunitas yaitu pilihan yang pas bila kita menginginkan sharing, berbagi info, ajukan pertanyaan – jawab, maupun yang lain, karna di dalam komunitas kita bisa tersambung dengan adanya banyak orang yang mempunyai ketertarikan serta keperluan yang sama juga dengan kita. Contoh bila kita ketertarikan bercocok tanam jadi kita mesti gabung kedalam komunitas yang mengulas mengenai bercocok tanam atau Komunitas Pertanian.

Bicara mengenai Komunitas pertanian, jadi di sini saya begitu mereferensikan teman dekat untuk gabung dengan Komunitas serta Komune Pertanian Indonesia yakni

Agroteknologi. situs. id yaitu satu situs dan komunitas pertanian yang didalamnya menghidangkan beragam info yang mengulas sekitar pengetahuan bercocok tanam, panduan bercocok tanam yang baik serta benar, panduan mengelola tanah, info tentang faedah serta kandungan dari satu tanaman, serta beda sebagainya. Selain itu juga kita bisa sharing- berbagi, bertanya jawab, atau sharing pengalaman dengan teman dekat beda lewat komunitas Agroteknologi. situs. id. Terkecuali pengetahuan yang mengulas tanaman, kita akan memperoleh penambahan pengetahuan yang mengulas mengenai ternak hewan, pengelolaan kotoran hewan untuk pupuk organik, serta beda sebagainya.

Benar-benar demikian banyak faedah yang juga akan teman dekat peroleh bila gabung dengan komunitas serta komune pertanian Indonesia – Agroteknologi. situs. id dari mulai pengetahuan budidaya tumbuhan, langkah pengelolaan tanah, pembasmian hama, sampai pemakaian tehnologi dalam pertanian. Dengan pengetahuan yang kita bisa ini keinginan nantinya mudah-mudahan kita bisa mengaplikasikannya dalam praktik dilapangan hingga kita bisa mencapai hasil maksimum dari pertanian yang pastinya begitu untungkan baik untuk kita pribadi, orang-orang sekitaran, dan untuk Bangsa serta Negara kita ini. Hingga negeri kita terkasih ini dapat jadi negeri makmur pengekspor pertanian paling besar didunia. Hingga kurun waktu dekat, banyak beberapa produk hasil pertanian inovatif yang juga akan lahir dari bangsa ini. Kurun waktu dekat, neraca export pertanian Indonesia juga akan jauh lebih dari neraca impornya. Negara-negara beda juga akan tergantung pada hasil pertanian Indonesia. Indonesia juga akan mengatur harga product pertaniannya di negara beda. Hasil pertanian Indonesia juga akan begitu bernilai di negara beda. Aamiiin

Login