Asep Ihsan

JK ungkap harga beras naik karena curah hujan tinggi

Dibuat : 09-01-2018, 21:09:57    Kategori : UPSUS Padi, Jagung, dan Kedelai

Wakil Presiden Juiceuf Kalla (JK) mengaku, harga beras dimuka 2018 memanglah melonjak, karena curah hujan yang tinggi hingga hasil panen padi alami penurunan. Meskipun demikian, JK menanggung diakhir Januari 2018 panen padi lebih baik. Dapat di pastikan, harga beras juga kembali normal.

" Kita jamin Insya Allah pada akhir Januari panen telah mulai, " ungkap JK di Kantor Wakil presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (9/1).

Dia juga memohon Bulog lakukan operasi pasar dengan besar-besaran untuk mengatur harga beras. Ini dikatakannya selesai mengadakan rapat terbatas masalah harga pasta gigi beras dengan menteri serta pimpinan instansi. " Barusan telah kita setujui perintahkan operasi pasar besar-besaran, mengeluarkan semuanya stock Bulog, " ucapnya.

Terpisah, Direktur Paling utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti menyebutkan ada dua jalan keluar untuk mengatur harga beras, yakni lakukan operasi pasar serta menaikkan beras sejahtera (rastra). " Itu saja, operasi pasar serta mungkin saja bila ingin nambah ya nambah rastra, telah tak ada pilihan beda, " terang Djarot.

Sesaat Menteri Koordinator Bagian Perekonomian, Darmin Nasution menjelaskan, pemerintah telah mengambil keputusan untuk menggerakkan rastra bln. ke-13. Selain itu, pemerintah juga memohon Bulog untuk selalu lakukan operasi pasar dengan besar-besaran.

Login