Asep Ihsan

Bila Harga Beras Naik Selalu, Kita Buka Impor

Dibuat : 09-01-2018, 21:15:32    Kategori : UPSUS Padi, Jagung, dan Kedelai

Harga beras merangkak naik dimuka 2018. Menurut data Pasar Beras Induk Cipinang, harga beras medium (IR-64 I) Rp 12. 350 per kg atau diatas harga eceran teratas (HET) yang diputuskan pemerintah sebesar Rp 9. 450 per kg. Sedang menurut data Pemprov DKI Jakarta, harga beras IR-64 I sebesar Rp 11. 442 per kg.

Wakil Presiden Juiceuf Kalla (JK) selekasnya membuat rapat untuk mengulas problem ini. JK segera memerintahkan Perum Bulog untuk lakukan operasi pasar besar-besaran.

" Untuk beras, barusan telah kita setujui perintahkan operasi pasar besar-besaran mengeluarkan semuanya stock Bulog. Kita jamin Insyallah pada akhir Januari panen telah mulai. Hingga ketemu pada operasi pasar dengan stock baru, " kata JK waktu didapati di Istana Wakil presiden, Jakarta, Selasa (9/1).

Bila harga beras masih tetap selalu melonjak sesudah operasi pasar, pemerintah juga akan buka import beras. JK menerangkan, import mungkin saja dibutuhkan karna stock beras Bulog sekarang ini cuma 936. 000 ton. Baiknya, stock beras Bulog dimuka th. menjangkau 1, 5 juta ton.

Walau Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan kalau akhir Januari ini telah ada panen padi dalam jumlah besar, menurut JK, import tetaplah dibutuhkan untuk hindari resiko lonjakan harga beras.

" Bila satu dua hari masih tetap naik, jadi pilihan import tetaplah terbuka. Bila perhitungan kita stock (Bulog) itu mesti diatas sejuta ton. Tapi Mentan menanggung harga baja ringan kalau bln. ini telah ada panen yang baru. Pada Januari yang ditanam di Oktober hingga itu dapat menyetabilkan. Tapi, akan tetapi kita tidak ingin ambillah resiko, " tegasnya.

Menurut perhitungan JK, peluang diperlukan import beras pada 500 ribu hingga 1 juta ton beras untuk menguatkan stock Bulog. " Ya (import) seperlunya untuk menghimpit. Pada 500 ribu ton hingga sejuta ton. Bila berlangsung apa-apa, pilihan import barusan saya telah minta bulog untuk menjajakinya jika masih tetap ada kenaikan, " tutupnya.

Login