Asep Ihsan

Tekan Harga, Tempat Operasi Pasar Beras Ditambah

Dibuat : 09-01-2018, 21:21:59    Kategori : UPSUS Padi, Jagung, dan Kedelai

Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan (Kemendag) serta Perusahaan Umum Tubuh Masalah Logistik (Perum Bulog) tengah tingkatkan jumlah titik operasi pasar beras di Indonesia.

Hal semacam ini dikerjakan untuk menghimpit harga beras type medium yang sekarang ini sudah melampaui Harga Eceran Teratas (HET) yang diputuskan pemerintah.

" Pelebaran jumlah titik (operasi pasar) yang juga akan jual beras bulog dengan harga dibawah het. Juga akan wajibkan pedagang untuk jual beras itu. Mesti ada. Jadi harga diinginkan juga akan teratasi, " kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita waktu pelepasan armada operasi pasar beras di Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Direktur Paling utama Perum Bulog, Djarot Kusumayakti mengungkap, operasi pasar beras yang sekarang ini di kerjakan oleh Bulog adalah kelanjutan operasi pasar beras mulai sejak November kemarin.

" Pagi hari ini kami atas instruksi Mendag dengan pengawalan Unit Pekerjaan Pangan kembali relaunching dengan memperluas operasi pangan untuk stabiliasasi, " tutur Djarot.

Menurutnya, pelebaran operasi pasar ini ditingkatkan berdasar pada hasil pelajari pada operasi pasar yang telah dikerjakan terlebih dulu.

" Dari rapat koordinasi kalau ada gerakan harga beras yang perlu dikendalikan, harga blender mulai sejak November 2017 kami telah lakukan operasi pasar, Desember juga kami kerjakan, tetapi dengan jumlah serta luasan operasi pasar yang ada dikerjakan merasa masih tetap kurang, " ucapnya.

Berdasar pada data Bulog pada Desember lantas operasi pasar beras sudah dikerjakan di 1. 100 titik di semua Indonesia, serta pada Januari 2018 ini ditingkatkan jadi 1. 800 titik serta ditargetkan menjangkau 2. 000 titik di semua Indonesia.

" Desember kami memakai 1. 100 outlet, tetapi tidak cukup hanya pengeluaran beras hingga 50. 000 ton masih tetap belum juga merasa cukup serta mesti ditambah jadi 1. 800 titik di semua Indonesia, " kata Djarot.

Mengenai dalam proses operasi pasar Bulog juga akan mendistribusikan cadangan beras pemerintah (CBP). " Sejak 1 Januari instruksi untuk ditambah, jadi telah ada bertambahnya beras operasi pasae, tempo hari /hari telah tiba 13. 000 ton, " kata dia.

Login