Asep Ihsan

Ada Operasi Pasar, Mendag Percaya Harga Beras Selekasnya Turun

Dibuat : 09-01-2018, 21:25:16    Kategori : IPTEK

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengakui optimis dengan terdapatnya operasi pasar beras sekarang ini dalam satu sampai dua hari ke depan harga beras juga akan alami penurunan.

" Dengan diluncurkannya ini (operasi pasar) jadi kami juga akan saksikan satu hingga dua hari ini harusnya harga (beras) juga akan segera turun kembali, " tutur Mendag Enggartiasto di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (9/1/2018).

Dia katakan, dalam sekian hari ke depan pemerintah selalu memonitor gerakan harga beras harga kipas angin bersamaan dengan dikerjakannya operasi pasar dengan masif. " Kami juga akan check benar dari atas sampai bawah, dari distributor satu, dua, tiga, kami juga akan saksikan penyebabnya kenaikan disparitas harga yang tinggi, " ucap Mendag.

Direktur Paling utama Perum Bulog Djarot Kusumayakti yakini dengan berlangsungnya operasi pasar, jadi harga beras dapat berangsur stabi seperti yang ditata dalam pemerintah lewat Harga Eceran Teratas (HET).

" Mendorong makin banyak beras pemerintah dikucurkan ke pasar dengan keinginan supply beras ke orang-orang lebih seimbang serta harga kembali pada harga yang kami berharap dengan, " tuturnya.

Berdasar pada data Pusat Info Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN) harga rata-rata beras type medium di Jakarta menjangkau Rp 14. 100 per kg atau melalui batas Harga Eceran Teratas (HET) sebesar Rp 9. 450 per kg.

Lalu, harga rata-rata teratas beras type medium ada di lokasi Papua Barat sebesar Rp 14. 250 per kg atau melampaui Harga Eceran Teratas (HET) sebesar Rp Rp 10. 250 per kg. Diluar itu, paling rendah berada di Nusa Tenggara Barat (NTB) menjangkau Rp 9. 750 per kg, tetapi juga melampaui Harga Eceran Teratas (HET) sebesar Rp Rp 9. 450 per kg.

Login