Harga Terbaru

Kota Sukabumi Targetkan 3.196 Hektare Tanaman Padi

Dibuat : 11-03-2019, 14:25:56    Kategori : News

Pemerintah Kota Sukabumi pada 2019 ini membidik luasan tanam padi seluas 3.196 hektare. Luasan area pertanian ini menyebar di tujuh kecamatan yang berada di Kota Sukabumi. Tahun ini tujuan luasan tanaman padi mencaoai 3.196 hektare,’’ tutur Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian serta Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi pada kami Ahad (3/3) uchedawn. Jumlahnya ini optmistis dapat terwujud dengan keadaan cuaca yang memberi dukungan. Data DKP3 Kota Sukabumi mengatakan, keseluruhan tempat pertanian di Kota Sukabumi sampai dengan 1.484 hektare. Dengan begitu luasan tanaman padi ini adalah 2x musim tanam atau lebih.

Menurut Kardina, di akhir Februari 2019 lantas musim panen padi mulai berjalan di beberapa titik. Diprediksikan musim panen raya padi bakal selalu bersambung pada Maret serta April 2019. Kardina mengharap hasil panen padi tahun ini dapat optimal serta sesuai dengan keinginan petani. Dengan begitu produksi padi ini dapat meningkatkan supply tersedianya pangan buat daerah. Walau disadari Kardina, supply padi buat Sukabumi sejumlah besar dihadirkan di luar daerah. Sebabnnya area tempat pertanian di Kota Sukabumi banyaknya dikit sebab terbentur tempat kota yang minim.

Tempat persawahan di perkotaan kata Kardina memang riskan berubah peranan menuju bagian yang lainnya layaknya perumahan ataupun yang lainnnya. Dalam keadaan itu pemkot berusaha mempertahankannya dengan merujuk pada amanah Undang-Undang Nomer 41 Tahun 2009 mengenai Perlindungan Tempat Pangan Pertanian Berkepanjangan serta Ketentuan Daerah (Perda) Nomer 1 tahun 2016. Ketika ini tempat pertanian pangan berkepanjangan (LP2B) seluas 321 hektare teka teki lucu. Menuju depan lanjut Kardina, DKP3 masih tetap lakukan publikasi pada pemilik tempat pertanian supaya lahannya turut dalam program LP2B. Utamanya pemerintah ada untuk kurangi laju percepatan alih peranan tempat pertanian.

Selanjutnya Kardina menjelaskan, dalam dua tahun paling akhir di Kota Sukabumi berlangsung penyusutan tempat pertanian. Pada dua tahun waktu lalu tempat pertanian sampai dengan seluas 1.608 hektare. Sekarang tempat pertanian yang tersisa cuma 1.484 hektare.

Login