Harga Terbaru

Ini Tanaman yang Mampu Tangkal DBD

Dibuat : 11-03-2019, 14:27:41    Kategori : News

Merebaknya virus dengue pada musim penghujan ini mesti diprediksi karenanya ada gaya hidup bersih serta sehat. Tidak hanya tersebut, ada langkah unik yang bisa mencegah penyebaran virus yang mengakibatkan demam berdarah dengue (DBD), yaitu menanam type tanaman yang tidak disenangi nyamuk Aedes aegypti. “Kita dapat menanam tanaman layaknya lavender serta sereh, kelak di taruh di tiap-tiap ruang. Aromanya tidak disenangi nyamuk,” kata Kepala Seksi Mencegah serta Pengendalian Penyakit Menyebar serta Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor Sari Chandrawati, Senin (4/2).

Tidak hanya langkah tersebut, katanya, mencegah penyebaran virus dengue bisa dikerjakan dengan tidak menggantung baju sisa gunakan pada ruang rumah. Ia memaparkan, nyamuk Aedes aegypti begitu suka pada aroma keringat manusia yang tertempel di baju yang sudah digunakan. Sari juga memaparkan, dalam usaha menanggulangi penyebaran virus dengue Amphioxus, semua warga juga diimbau selalu untuk menggalakkan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) lewat cara kuras, tutup, memonitor, san menumpuk (3M Plus) di lingkungannya semasing. Pekerjaan itu, katanya, mesti dikerjakan dengan teratur setiap minggu sekali.

“Mengingat jentik nyamuk bakal menjadi nyamuk dalam kurun waktu yang relatif singkat pada musim layaknya ini, dapat tujuh hari, terkadang dapat juga cuma tiga hari saja,” katanya. Ia memaparkan Matokeo Kidato Cha Nne, program itu mesti teratur digerakkan menimbang dalam kurun waktu sebulan saja (Januari 2019) terdaftar ada 132 masalah DBD di Kota Bogor yang manakah tiga orang salah satunya wafat. Dari keseluruhnya korban yang wafat, katanya, datang dari kelompok anak-anak.

Ia memandang, masalah DBD memang rawan menjangkit kelompok umur sekolah dari mulai umur 5-15 tahun. Oleh sebab tersebut ia mengungkapkan, Dinkes Kota Bogor lakukan liputan PSN 3M Plus menuju beberapa lembaga, sekolah, puskesmas, serta juga beberapa tempat umum satu minggu sekali pada Jumat. “Selain tersebut kami juga menyarankan pada masyarakat jika terasa tidak enak tubuh, langsung kontrol menuju dokter. Sebab terkadang ada tanda-tanda DBD yang gejalanya tidak normal, ada yang tidak tampil ruam merah di kulita serta cuma badannya hangat saja tidak tahunya terkena DBD,” kata Sari.

Login