Harga Terbaru

Pemkot Bandung Bantu Permudah Perizinan Usaha

Dibuat : 11-03-2019, 15:04:26    Kategori : News

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung belum pernah menyulitkan izin usaha buat entrepreneur di Kota Bandung. Pemkot malah berusaha memudahkan buka investasi dari beberapa entrepreneur di Kota Bandung. kita tak berbeda sekali tidak ada niatan menyulitkan usaha rekan-rekan (entrepreneur)," kata Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana ketika beraudiensi dengan Ikatan Arsitektur Tanah air (IAI) di Balaikota pada Kamis (21/2).

Layaknya dalam info tercatat yang di terima Republika.co.id, pada audiensi itu, beberapa entrepreneur sudah sempat menyalahkan mengenai Skema Info Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG). Skema itu adalah skema baru perizinan usaha dari Kementrian Koordinator Bagian Perekonomian. Beberapa entrepreneur juga menyalahkan sulitnya terhubung situs SIMBG.

Yana mengatakan bisa jadi Kota Bandung lewat Dinas Penanaman Modal Service Satu Pintu untuk sesaat memakai dahulu skema aplikasi mandiri. Akan tetapi Pemkot Bandung mesti mendapatkan izin dari kementerian harga hp oppo. "Cemas kedepannya ada suatu yang tidak diharapkan. Jadi kebijaksanaan kembali menuju skema lama. Ini juga mesti dibarengi fatwa dari kementerian berkaitan," sambungnya. Yana juga mengatakan, bila semua skema dari pusat telah tersinkronisasi dengan kewilayahan, jadi semua masalah izin usaha di Kota Bandung dapat teratasi.

Sesaat tersebut Kepala Dinas Penanaman Modal Service Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung Arief Syaifu memaparkan, pemicu lambannya perizinan sebab ada banyak skema dari pusat yang masih tetap butuh sesuai. "Contohnya layaknya Skema Manajemen Izin Bangunan Gedung (SIMBG), kami tidak berani membenamkan sebab belumlah ada eksplisit siapa yang mempunyai kewenangan untuk di tandatangani tersebut," katanya. Sekalian menanti penyempurnaan skema dari pusat, Arief bakal mengusahakan supaya entrepreneur di Kota Bandung dapat memakai skema lama yaitu aplikasi mandiri Hayu-Gampil dengan minta kesepakatan dari kementerian.

"Barusan telah pengaturan apa dapat kami gunakan skema aplikasi mandiri, layaknya Hayu Gampil, contohnya. Tetapi, harus tetap ada fatwa atau edaran dahulu dari kementerian hp oppo," katanya. Arief berterus terang bakal hadir undangan dari Kementerian PUPR pada Selasa (26/2) yang akan datang. Undangan itu berkaitan tuntunan tehnis tentang SIMBG. "Kelak kami bakal coba tanyakan dengan kementerian. Apa sebelum berjalannya SIMBG, kami sesaat dapat memakai skema aplikasi mandiri," katanya.

Login