rima aulia

Kementan Dukung Program Prioritas Toli-Toli Pertahankan Lahan Pertanian

Dibuat : 10-10-2019, 23:34:28    Kategori : Pengujian Mutu Benih

Untuk jamin produksi pangan serta memenuhi kecukupi keperluan dengan mandiri, Kementerian Pertanian (Kementan) memberi dukungan program prioritas Pemerintah Kabupaten Toli-Toli, yang punya niat menjaga serta memperluas tempat pertanian.
Luas tempat sawah Kabupaten Toli-Toli sekarang seluas 15 ribu hektare, serta tempat untuk peningkatan komoditas hortikultura masih terbuka lebar.
"Kami benar-benar memberi dukungan peningkatan pertanian di Kabupaten Toli-Toli. Kabupaten ini punyai program yang bagus, konsentrasi di bagian pangan hingga ditengah-tengah tingginya alterasi tempat untuk pemukiman, lokasi ini menjaga luas areanya. Kami siap memberi pertolongan mekanisasi," tutur Direktur Jenderal Prasarana serta Fasilitas Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy, waktu terima kunjungan kerja Kepala Dinas Pertanian Toli-Toli, di Jakarta, Rabu (9/10/2019).
Dia menerangkan, satu bentuk suport riil Kementan lewat Dirjen PSP untuk memaksimalkan tempat serta penambahan produksi ialah lewat pertolongan alat mesin pertanian (alsintan).
Menurut dia, ini searah dengan program peningkatan Pertanian Korporasi Berbasiskan Mekanisasi (PKBM).
"Dengan program ini, pemda dapat memaksimalkan alsintan lewat Usaha Service Layanan Alsintan (UPJA), turunkan ongkos produksi usaha tani, serta tingkatkan produksi serta penghasilan petani dan tingkatkan ketertarikan golongan milenial dalan berupaya tani. Diantaranya dengan menggerakkan Kabupaten Toli-Toli menjadi lumbung pangan di Sulawesi Tengah," jelasnya.

Selain itu, Kepala Dinas Pertanian Toli-Toli, Rusran Rewa menjelaskan yalla shoot, peningkatan pertanian di Toli-Toli tidak cukup dengan menjaga tempat pertanian yang ada, dengan meningkatkan luas tempat pertanian lewat pertolongan program bikin dari Kementan.
Dia menjelaskan benar-benar menghargai program pertanian sepanjang pemerintahan Jokowi - JK, yang betul-betul dirasa pemda serta petani.
"Dengan suport Kementan, kami optimis Toli-Toli, tidak hanya dapat penuhi sendiri keperluan pangan, dapat memasok bahan pangan untuk keperluan warga di Ibu Kota baru kelak. Bukan sekedar komoditas tanaman pangan, komoditas hortikultura benar-benar punya potensi ditingkatkan di wilayah kami," katanya.
Berkaitan pertolongan alsintan, Rustan mengatakan, karena pertolongan serta program Kementan, sekarang Kabupaten Toli-Toli jadi salah satunya kabupaten di Sulawesi Tengah yang berpedoman pengendalian pertanian kekinian. Perlakuan pertanian dari hulu ke hilir telah memakai mekanisasi pertanian yang hebat.
"Semenjak Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, petani kami tidak memproses sawah, panen, serta perlakuan saat panen dengan manual. Kementan benar-benar kami rasakan memberi perhatian spesial untuk perkembangan pertanian Toli-Toli," kata Rusran.
"Jumlahnya alsintan tidak terhitung , banyak. Tetapi ke depan masih diperlukan tambahanya sebab ada pembukaan tempat baru," imbuhnya.

Login