Fitri Hidayat

Aceh Besar Jajaki Investasi Pertanian

Dibuat : 05-08-2017, 04:40:36    Kategori : Perlindungan Tanaman Pangan

Pemkab Aceh Besar tengah menjajaki realisasi investasi bagian pertanian serta peternakan di kabupaten itu. Perbincangan awal dengan investor telah dikerjakan serta selalu dijajaki.

Hal tersebut di sampaikan Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali pada Serambi, Kamis (3/8), selesai menghadiri talkshow di Studio Kompas TV Aceh, Gedung Harian Serambi Indonesia, Meunasah Manyang, Pagar Air, Aceh Besar.

Diterangkan, untuk bagian pertanian investor asal Lampung telah menjajaki buka tempat perkebunan tebu di Lamteuba sampai Lampanah Leungah. Tidak cuma kebun, gagasannya investor itu juga merencanakan buka pabrik gula di tempat itu.

“Rencananya mereka juga akan berinvestasi dalam jumlah besar serta tempat yang diperlukan menjangkau 10 ribu hektare. Mereka tertarik di tempat itu karna akses menuju pelabuhan begitu dekat, ” tutur bupati.

Terkecuali bagian pertanian, ada pula investor nasional asal Jakarta yang menjajaki buka peternakan sapi di Aceh Besar. Tempat tempat yang dilirik yakni lokasi pegunungan Blang Bintang, dan lokasi Lamtamot, Lembah Seulawah.

Menurut Mawardi, Aceh Besar benar-benar sangat mungkin yalla shoot untuk investasi peternakan, karna ketersedian rumput yang ideal dan pasar ternak. Aceh adalah pasar besar untuk peternak, sebab di Tanah Rencong ada kebiasaan meugang, maulid, kurban, serta sebagian kenduri yang lain.

Tetapi, kata bupati, untuk investor peternakan mereka membatasi supaya hasil produksinya tidak jual ke pasar rakyat atau pasar lokal, karna bisa menganggu peternak kecil. Hingga investor mesti melirik pasar export atau luar Aceh.

Login