melasari

Konsepsi Pertanian Berkelanjutan

Dibuat : 12-10-2017, 14:23:24    Kategori : Pengawas Benih Tanaman

Pertanian terus-terusan adalah satu langkah bertani yang menghormati, melindungi serta membuat perlindungan kelangsungan alam. Satu praktik pertanian yang melihat alam jadi satu kehidupan, di mana semuanya keperluan untuk bertani, bersumber serta diperkembang dari kekayaan alam serta keanekaragaman hayati yang ada di kira-kira kita.

System pertanian terus-terusan seringkali juga dikatakan sebagai system pertanian organik, pertanian terpadu, pertanian ramah lingkungan, pertanian serasi alam, pertanian ekologis (ecological agriculture). System pertanian yang bukanlah sekedar hanya sistem menanam serta pelihara tanaman tetapi adalah satu siklus yg tidak terputus nama bayi islami dimulai dari pra produksi (penentuan benih, pembuatan pupuk), produksi (pemrosesan tanah, penebaran benih, pemeliharaan) sampai saat panen (panen, pemrosesan hasil panen). Siklus yg tidak terputus dalam sistem pertanian ini melukiskan kalau pertanian adalah satu ekosistem (agroekosistem).

Pertanian terus-terusan yaitu satu system budidaya tanaman yang alami yang senantiasa menjaga keseimbangan ekosistem di mana aplikasinya senantiasa sesuaikan lingkungan supaya ekosistem tetaplah jalan dengan alami tanpa ada mesti mengambil keputusan diantara satu mata rantai makanan makhluk hidup serta terima input technologi baru yang ramah lingkungan.

System pertanian intensif yang waktu ini ditempatkan oleh nyaris semua petani di Indonesia mesti disadari berhasil untuk menaikkan produksi pertanian di Indonesia. Tetapi di samping kesuksesan itu, mesti disadari juga kalau system itu juga membawa beragam efek negatif.

Ketergantungan petani pada ketersediaan bibit, beragam jenis pupuk kimia serta obat-obatan (pestisida, insektisida serta herbisida) yaitu lebih dari satu contoh efek negatif itu. Hilangnya varietas lokal beragam jenis tanaman, tercemarnya lingkungan nama anak perempuan karena pemanfaatan obat-obatan serta pupuk, rusaknya susunan tanah yaitu beberapa dari demikian banyak kelanjutan dari ketergantungan diatas.

Disamping itu, tingginya produksi tdk menanggung tingginya pendapatan petani. Karena harga jual dari hasil produksi tersebut benar-benar rendah. Bila kita kalkulasi, sesudah dikurangi dengan modal kerja (pembelian benih, pupuk, obat-obatan serta tenaga) jadi petani tdk memperoleh keuntungan. Pertanian terus-terusan atau pertanian organik yaitu diantara satu bentuk jalan keluar manfaat hadapi persoalan yang dihadapi petani.

Login