Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

Workshop Evaluasi Peramalan OPT MT 2018/2019 dan Perumusan Peramalan OPT MT 2019

Peramalan OPT merupakan komponen penting dalam strategi pengelolaan OPT tanaman pangan, karena peramalan dapat memberikan peringatan dini tentang tingkat populasi dan luas serangannya. Kontribusi dari kegiatan peramalan OPT tanaman pangan tersebut akan lebih bermakna apabila terbangun model peramalan OPT tanaman pangan yang sederhana, akurat dan aplikatif.


Selanjutnya berdasarkan informasi peramalan OPT tanaman pangan tersebut dapat disusun langkah antisipasi yang komprehensif dengan menyusun dan mempersiapkan saran tindak pengelolaan OPT tanaman pangan sesuai dengan prinsip/strategi PHT, sehingga diharapkan akan dapat menekan populasi dan atau serangan OPT tanaman pangan, dan menjaga tingkat produktivitas tanaman pangan yang diusahakan.


Dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinkronisasi serta keterpaduan dalam evaluasi dan penyusunan peramalan OPT tanaman pangan antara jajaran perlindungan tanaman pusat dan daerah, pada tanggal 21 s/d 24 April 2019 Balai Besar Peramalan OPT mengadakan Workshop Evaluasi Peramalan OPT Tanaman Pangan MT 2018/2019 yang diikuti oleh Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan, Besar Peramalan OPT dan UPTD Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (19 provinsi) sebanyak 30 orang. Pertemuan dilaksanakan dengan metode Workshop Evaluasi Peramalan OPT Tanaman Pangan MT 2018/2019 dan Penyusunan Angka Peramalan Serangan MT 2019 dengan pengayaan oleh narasumber dari Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan, dan Balai Besar Peramalan OPT.

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00