Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

CALON VARIETAS PADI LOKAL CIKAWASEN PADI UNGGULAN KABUPATEN CIAMIS JAWA BARAT

Padi lokal Cikawasen adalah padi lokal unggulan di Kabupaten Ciamis. Mengingat Sebagian mata pencaharian penduduk berprofesi sebagai petani dan memberikan kontribusi terhadap produk domestik regional bruto (PRDB) sehingga pemanfaatan padi lokal Cikawasen sangat potensial untuk dikembangkan, demikian disampaikan Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya.


Kabupaten Ciamis merupakan salah satu lumbung tingkat nasional sekaligus pemasok kebutuhan beras masyarakat, khususnya Jawa Barat. Kabupaten Ciamis memiliki padi lokal unggul yang berkembang, khususnya di Kecamatan Banjarsari dan Purwadadi yang diberi nama “Cikawasen”. Calon varietas padi lokal Cikawasen menjadi primadona dengan keunggulan hasil produksi dan produktivitas yang tinggi dibandingkan dengan varietas lainnya serta tekstur nasi pulen. Hal ini menjadi penyemangat petani untuk menanam dan mengembangkannya. Kendala yang dihadapi oleh petani yang ingin mengembangkannya ialah ketersediaan benih unggul bermutu. Suatu kelompok benih hanya bisa diperdagangkan bila telah memiliki legalitas melalui pelepasan varietas. 


Satoto menjelaskan bahwa varietas lokal merupakan varietas yang telah ada dan dibudidayakan secara turun-temurun oleh petani serta menjadi milik masyarakat dan dikuasai negara. Varietas padi lokal yang ditanam petani telah puluhan tahun ditanam dan diseleksi oleh alam. Penanaman padi lokal disenangi petani karena Sebagian memiliki daya adaptasi yang baik terhadap lingkungan, rasa nasi enak, walaupun produksinya tidak setinggi varietas unggul baru (VUB) padi. Varietas padi lokal memiliki peran penting dalam pemuliaan tanaman sebagai sumber daya genetik yang potensial untuk dimanfaatkan dan dilestarikan. Penggunaan varietas padi lokal mendukung pelestarian keanekaragaman hayati dan sumber daya genetik berkelanjutan. Prof Satoto yang juga sebagai anggota Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan menyampaikan pelepasan varietas hanya bisa dilakukan jika varietas tersebut memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh pihak yang berwenang, salah satu syaratnya adalah benih varietas yang akan dilepas itu jumlahnya cukup tersedia untuk proses produksi lebih lanjut, selain karakter keunggulan lainnya. Untuk mengetahui keunggulan suatu calon varietas harus dilakukan pengujian adaptasi atau observasi. 


Pengujian observasi, skrining hama dan penyakit serta uji mutu gabah dan beras dilakukan dengan kerjasama antara Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis dan Balai Besar Penelitian Tanaman Padi. Lokasi pengujian berada di 2 (dua) lokasi yaitu di Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Purwadadi, dengan jumlah luasan masing-masing 1 hektar. Metode yang dilakukan dalam pengujian adalah pemurnian genotipe dan uji observasi, sedangkan pengamatan terhadap kondisi hama dan penyakit dilakukan secara langsung di lokasi uji observasi calon varietas padi lokal Cikawasen. Pengamatan dilakukan mulai dari saat persemaian, saat tanaman memasuki fase vegetatif, fase generatif dan fase masak, demikian disampaikan Juli Jajuli dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Ciamis. 


Berdasarkan hasil sidang evaluasi dan penilaian calon varietas tanaman pangan nomor 17/TPVTP/3/2021 tanggal 25 Maret 2021 di Bogor, telah disetujui dan direkomendasikan dapat dilepas sebagai varietas unggul, yaitu calon varietas padi lokal Cikawasen. Padi ini memiliki umur panen + 102 hari setelah semai (HSS), rata-rata hasil 5,34 t/ha GKG dengan potensi hasil 5,35 t/ha. Bereaksi agak tahan terhadap wereng batang coklat biotipe 1, agak rentan biotipe 2 dan 3. Agak tahan terhadap penyakit hawar daun bakteri patotipe III, sangat rentan ras 033 dan 133. Rentan terhadap tungro inokulum 033 dan 073. Tekstur nasi pulen dengan rasa dan penerimaan umum yang disukai oleh konsumen.  


Penulis : Purwancaturita Maryani (PBT Ahli Madya) 

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00