Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

Menteri Pertanian Melantik Yudi Sastro sebagai Dirjen Tanaman Pangan

Jakarta, 9 Agustus 2024-Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, melantik dan mengambil sumpah jabatan pejabat tinggi madya di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (9/8). Salah satu pejabat yang dilantik adalah Yudi Sastro sebagai Direktur Jenderal Tanaman Panggan, menggantikan posisi Suwandi yang ditunjuk sebagai Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Investasi Pertanian.

Mentan Andi Amran Sulaiman dalam sambutan pelantikan mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia menghadapi berbagai tantangan besar, termasuk krisis pangan global, El Nino, dan masalah-masalah lainnya.

“Ini ada krisis pangan dunia, ada krisis emisi, dua-duanya terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dan baru-baru ini, saya ke Vietnam, ke China, ini juga terjadi di negara-negara lain,” kata Mentan Amran.

Mentan Amran menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi untuk mengatasi tantangan ini. Saling membantu, bergandengan tangan, dan bekerja sama untuk mencapai swasembada pangan dalam waktu tiga tahun ke depan.

“Ini bukanlah tugas yang mudah, namun tanpa dukungan Bapak-Ibu semua, kita tidak akan berhasil,” kata Mentan Amran.

Meskipun ada berbagai tantangan, Mentan Amran tetap yakin bahwa swasembada pangan bisa tercapai. Pengalaman sebelumnya membuktikan bahwa swasembada pangan pernah dicapai tiga kali berkat kerja keras dan dedikasi semua pihak yang terlibat.

Adapun pejabat tinggi madya yang dilantik, yakni Andi Nur Alam Syah dilantik sebagai Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP), menggantikan posisi Ali Jamil yang dilantik sebagai Staf Ahli Menteri bidang Infrastruktur Pertanian. Idha Widi Arsanti dilantik sebagai Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), sebelumnya memimpin Pusat Pendidikan Pertanian.

Agung Suganda dilantik sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), menggantikan posisi Nasrullah yang dilantik sebagai Staf Ahli Menteri bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional. Yudi Sastro dilantik sebagai Direktur Jenderal Tanaman Pangan (Dirjen TP), menggantikan posisi Suwandi yang diangkat sebagai Staf Ahli Menteri Pertanian bidang Investasi Pertanian. Kemudian Prihasto, mantan Dirjen Hortikultura dilantik sebagai Staf Ahli Menteri bidang Lingkungan Pertanian.

Pesan Suwandi kepada Yudi Sastro

Sementara itu, dalam estafet kepemimpinan di lingkup Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Suwandi menyampaikan bahwa serah terima jabatan Direktur Jenderal Tanaman Pangan di Kementerian Pertanian yang telah dilaksanakan pada Jumat, 9 Agustus 2024, menandai berakhirnya masa jabatan dirinya dan dimulainya masa kepemimpinan Yudi Sastro.

Dalam kesempatan ini, Suwandi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan selama masa jabatannya sebagai Dirjen Tanaman Pangan sejak Juli 2019.

“Foto saya yang terpajang di berbagai sudut kementerian merupakan simbol dari perjalanan yang telah kita lalui bersama. Namun, ritme alam dan ketetapan Tuhan mengharuskan kita untuk terus berjalan, menerima perubahan dengan hati yang lapang,” kata Suwandi.

Suwandi menyampaikan pesan kepada Dirjen Tanaman Pangan yang baru, Yudi Sastro dan seluruh tim di Kementerian Pertanian, bahwa hal-hal baik yang telah dibangun bersama-sama hingga saat ini, agar dilanjutkan dan bahkan ditingkatkan.

“Namun, jika ada hal-hal yang kurang berkenan atau belum sempurna, saya mohon untuk diperbaiki dan dikembangkan lebih lanjut. Saya juga mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan selama saya menjabat Dirjen Tanaman Pangan. Mari kita lupakan perbedaan dan kembali ke titik nol, karena tiada manusia yang sempurna,” tutur Suwandi.

Suwandi juga menyampaikan beberapa pesan yang belum sempat ia sampaikan, salah satunya adalah pentingnya peningkatan kapasitas SDM di Kementerian Pertanian. Dia selalu mendorong agar staf yang berpotensi untuk mengikuti pendidikan lanjutan atau pelatihan, untuk melakukannya. Menurutnya, ini adalah investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat besar di masa depan.

Suwandi berharap inovasi-inovasi baru terus dikembangkan, serta target-target yang belum tercapai agar lebih ditingkatkan.

“Mari kita teruskan tradisi positif, seperti lomba inovasi antar direktorat yang telah kita selenggarakan setiap tahun. Saya juga berharap agar penulisan buku tentang “Swasembada dan Lumbung Pangan Dunia” yang telah kita mulai, dapat dilanjutkan dan diselesaikan dengan baik,” pesannya.

Suwandi mengucapkan selamat kepada Yudi Sastro yang telah menggantikan dirinya sebagai Dirjen Tanaman Pangan, dan melanjutkan estafet program-program Ditjen Tanaman Pangan yang telah maupun akan dilaksanakan. Dia yakin di bawah kepemimpinan Yudi Sastro, Tanaman Pangan akan terus berkembang dengan semangat baru dan inovasi yang lebih segar.

“Regenerasi adalah hal yang alami dan harus kita jalani bersama. Semoga Allah SWT selalu memberikan kita petunjuk dan perlindungan dalam menjalankan tugas-tugas kita. Semoga Tanaman Pangan terus maju dan berkembang, serta mampu memberikan kontribusi besar bagi pertanian Indonesia,” kata Suwandi optimis.

GALERI FOTO

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00