Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

Gerakan Panen Merdeka Akabi 2022 Desa Trimulyo Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Kementerian Pertanian di bawah kepemimpinan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyelenggarakan berbagai kegiatan sepanjang bulan Agustus. Demikian juga Direktur Aneka kacang dan Umbi, Yuris Tiyanto telah memberikan arahan kepada jajarannya untuk turut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan panen komoditi akabi guna memperingati Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022.


Saat ini jumlah hamparan tanaman kedelai di Kabupaten Pati kurang lebih 1.200 hektar berada di Kecamatan Kayen, 300 hektar di Kecamatan Gabus dan Tambakromo. Dengan rincian 640 hektar  mrndapatkan bantuan dari pemerintah pusat senilai Rp1,024 M dan 860 hektar dibiayai mandiri.


H. Haryanto selaku Bupati Pati turut hadir kegiatan tersebut untuk memberikan dukungan semangat kepada para petani agar "kedepan kedelai ini bisa swasembada dan tidak perlu impor dari luar negeri dan cukup diproduksi dari dalam negeri  antara lain di wilayah Pati, Grobogan dan lingkungan sekitar. 

 

Sementara itu Direktur Aneka kacang dan Umbi Yuris Tiyanto menyampaikan bahwa  panen raya kedelai merupakan bagian penyediaan protein yang murah untuk kepentingan rakyat guna mengatasi masalah stunting.


Selain itu "Gerakan panen ini menjadi bagian dari upaya penyediaan pangan dunia yang saat ini mengalami krisis pangan dan energi, dimana  beberapa negara  sudah melakukan penutupan ekspor.   Gerakan panen ini perlu didukung semua pihak dan termasuk para petani, Ujarnya. 


Yuris berharap pengembangan kedelai tidak hanya dilakukan di lahan sawah maupun tegalan  tetapi juga di lahan tebu atau sering disebut dengan Pertanaman "Bule" (tebu kedelai), juga dilahan sawit atau "Sale" (Sawit Kedelai).


Hasil panen kedelai di Desa Trimulyo  Kecamatan Kayen memiliki provitas 1,92 ton/ha, diantaranya sebanyak 874,5 ton  dipersiapkan untuk dijadikan benih guna mencukupi penyediaan benih pertanaman kedelai yang didanai ABT di Provinsi  Jateng tahun 2022. Sedangkan sisanya dijual dalam bentuk konsumsi.


Bravo Kabupaten Pati dan Provinsi Jateng. Tetap Semangat Berjuang untuk NKRI.

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00