Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

Mentan dan Ketua MPR RI kunker ke Lampung dalam rangka Percepatan Tanam Padi

Lampung, (30/12/2016) Menteri Pertanian dan Ketua MPR RI melakukan kunjungan kerja di Desa Baktirasa, Kec. Sragi Kabupaten Lampung Selatan. Kunjungan ini dalam rangka percepatan musim tanam padi. Dalam kunjungan ini juga dilaksanakan penyerahan bantuan alat mesin pertanian(alsintan) untuk petani di Lampung Selatan dengan bantuan ini berupa handtraktor roda dua sebanyak 27 unit, traktor roda 4 sebanyak 2 unit, rice transplanter 5 unit dan hand sprayer 265 unit.

Mentan mengatakan bantuan yang diserahkan tersebut merupakan upaya Kementerian Pertanian untuk mendorong gerakan percepatan tanam musim rending di wilayah Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lamsel. Dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas padi sawah, terutama Lamsel merupakan salah satu lumbung padi nasional. “bantuan yang kami berikan ini merupakan salah satu upaya peningkatan produktivitas padi untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Untuk itu Mentan mendorong terus percepatan tanam. Pada kesempatan itu juga Mentan, ketua MPR RI, Bupati Lampung Selatan dan Kasdam Sriwijaya, anggota DPD RI melakukan tanam padi menggunakan alat Rice Transpalter. Dengan alat itu petani bisa menanam padi 1 Hektar hanya dalam waktu 2-3jam saja, sehingga lebih efektif dan murah ongkos produksi. Terakhir Mentan berpesan agar penggunaan alat harus lah diimbangi dengan pemeliharaanya sehingga alat tersebut dapat terus digunakan sehingga percepatan tanam bisa lebih optimal.

Usai melaksanakan dialog Rombongan menuju pengemukkan sapi di PT Juang Jaya tidak jauh dari lokasi tanam. Mentan berharap pihak perusahaan bisa membina para peternak sapi local atau melakukan transfer khowledge terhadap masyarakat sekitar sehingga masyarakat sekitar juga sudah bisa mengembang biakan sapi sendiri.

Hari kedua kunjungan kerja Menteri pertanian melakukan panen raya padi Gadu Model dan percepatan tanam padi di kota Metro bersama Ketua MPR RI, Walikota Metro, Kasdam Sriwijaya, Setda Provinsi Lampung. Mentan dan rombongan melihat para petani sudah bisa menggunakan rice transplater dengan baik. Dalam waktu kurang dari 5 menit lahan yang disiapkan sudah tertanami semua.

 

Usai melakukan tanam Mentan dan Ketua MPR RI melakukan panen padi menggunakan Combine Harvester. Dengan menggunakan combine Mentan berharap lahan yang sudah terpanen bisa cepat diolah kembali sehingga lahan tersebut dapat lebih produktif. Dalam sambutannya Mentan berharap dengan semua bantuan yang diberikan Kementerian Pertanian dapat mendorong Swasembada pangan Nasional bahkan menuju Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00