Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

Wamentan Mengawali Tanam Raya Jagung di Kabupaten Aceh Tamiang

Aceh Tamiang – Wakil Menteri Pertanian Ir. Harvick Hasnul Qolbi melaksanakan kunjungan kerja sekaligus Tanam Raya Jagung di lahan seluas 64 ha yang terletak di Dusun Adil Makmur I, Desa Tenggulun, Kecamatan Tenggulun, Kab. Aceh Tamiang, Senin 29 Agustus 2022. Dalam kunjungannya, Wamentan Harvick juga memberikan bantuan komoditas tanaman pangan berupa benih padi untuk 2.000 Ha lahan dan bantuan jagung untuk 300 Ha lahan yang diberikan secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani. 

Wamentan Harvick mengatakan kedatangannya kali ini sebagai bukti bahwa Pemerintah hadir dan bahu membahu bersama petani untuk mewujudkan tercapainya kedaulatan pangan khususnya untuk komoditas padi dan jagung. Terkait dengan krisis pangan global, Wamentan Harvick menyampaikan bahwa Indonesia sampai sejauh ini masih dalam posisi yang positif. “Kondisi global secara internasional saat ini di beberapa negara tingkat inflasi cukup tinggi, namun di Indonesia kondisi ekonomi masih dalam posisi yang positif, aman dan belum ada kekurangan.” Harvick menambahkan,” sektor pertanian menjadi penyumbang Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar 16,24%.  Pada tahun 2020 muncul petani baru sebanyak 2-3 juta dan pada tahun berikutnya, petani baru juga terus lahir sebanyak 7 juta petani”. “Produktivitas jagung Indonesia sampai hari ini sudah cukup tinggi”, jelasnya. "Prestasi ini bukan semata kinerja pemerintah, melainkan kontribusi masyarakat yang turut mensukseskan sektor pertanian," lanjut Wamentan Harvick. 

Selain Wakil Menteri Pertanian beserta jajarannya, Tanam Raya Jagung dihadiri oleh Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, S.H., M.Kn, Pangdam Iskandar Muda Mayjen TNI Mohammad Hasan, Danrem 011/LW Kolonel Inf Bayu Permana, Kadistanbun Aceh, Cut Huzaimah, Dandim 0117/Atam Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi, serta tamu undangan dan ratusan masyarakat. 

Wamentan Harvick berharap kedatangannya kali ini dapat meningkatkan optimisme masyarakat pada komoditas jagung yang menjanjikan dan turut serta dalam mendukung peningkatan produksi dan produktivitas jagung menuju kedaulatan pangan. 

Setelah rangkaian acara penyambutan, Wamentan Harvick dan rombongan berangkat menuju lokasi penanaman dengan luas lahan 64 Ha yang akan ditanami jagung. Di lokasi, Wamentan Harvick melaksanakan penanaman benih jagung dan dilanjut dengan diskusi bersama masyarakat/kelompok tani serta para stakeholder yang hadir. 

Selama diskusi, Wamentan Harvick dan Bupati Aceh Tamiang mendorong masyarakat untuk mempertahankan fungsi lahan hasil program cetak sawah tersebut untuk menanam komoditas pertanian misalnya palawija dan tidak mengalihfungsikan lahan menjadi lahan kelapa sawit. Selain itu, Wamentan Harvick juga mengapresiasi program-program yang telah dilakukan oleh pemerintah setempat untuk meningkatkan produksi pangan. Kepada kelompok tani yang hadir, pihak Kementerian Pertanian juga menghumbau agar masyarakat terus menggunakan varietas unggul bersertifikat untuk mendukung peningkatan produksi.

Penulis : (R.Sujayadi-PBT Muda)




WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00