Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

Mentan Panen Jagung di Gorontalo

Gorontalo (25/8/2016), Menteri Pertanian Amran Sulaiman bersama Gubernur Gorontalo H. Ruslie Habibie beserta Kasdam 7 Wirabuana dan Danrem melakukan panen raya jagung di Desa Ayumolingo kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh para staf ahli menteri, Direktur Serealia, pj Upsus wilayah Gorontalo ,pejabat pemprov Gorontalo, pemkab Gorontalo, Kelompok tani juga masyarakat.


Panen ini dilakukan diatas lahan 400 ha dengan varietas jagung hibrida dan yang dipanen di desa ini adalah 5 ha. Sesuai data kab.Gorontalo sampai dengan bulan Juni 2016, luas tanam jagung seluas 32.174 ha dan luas panen 26.144 ha atau sekitar 33 % dari luas tanam jagung di prov Gorontalo 2016.


Dalam sambutannya menteri pertanian mengatakan akan menjamin harga beli jagung di 3150 kg dengan kadar air 15 %. Tahun depan akan di program 2 - 3 juta ha dan jangan lagi ada import jagung. Mentan juga memberi semangat kepada petani untuk supaya para petani juga giat dan semangat menanam padi dengan memberikan bantuan pompa air dan memastikan Bulog akan membeli gabah dari para petani dan menghindari tengkulak. Dalam kesempatan ini pula Kementerian pertanian melalui Menteri pertanian memberikan bantuan2 berupa Corn sheler, Corn Combine Harvester, Combine Harvester Besar sedang dan kecil dan Power Treser Multiguna.


Sebelum menutup panen raya ini,menteri pertanian juga mendengar keluhan-keluhan para petani dan memberikan solusinya. Kegiatan panen raya ini di lanjutkan dengan Rapat Koordinasi Pangan dalam Rangka Luas Tambah Tanam pada malam hari nya di Grand Palace Convention Center di Provinsi Gorontalo.Agenda rakor tersebut salah satunya adalah penandatanganan kesanggupan luas tambah tanam antara Mentan dengan Kasdam 7 Wirabuana, Dandim 04 Gorontalo, Bakorluh, Dinastan Provinsi dan Kabupaten Gorontalo juga penanggung jawab Upsus Provinsi Gorontalo. (HUmas TP)

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00