Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

GELAR PASUKAN: Kerja Nyata Mewujudkan Ketahanan Pangan

Palembang [26/8/2016]. Dalam mendukung Upaya Khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai (UPSUS Pajale), Korem 044/Garuda Dempo (Gapo) menerjunkan pasukan 3 Satuan Setingkat Kompi (SSK)  untuk melakukan  gerakan percepatan tanam padi  bulan September 2016 di wilayah Banyuasin dan OKI. Sebelum bertugas, terlebih dahulu dilakukan apel gelar pasukan di Markas Korem 044/Gapo dan dipimpin langsung oleh Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP (Danrem 044/Gapo). Hadir pada apel tersebut, Dr. Ir. Hasil Sembiring, MSc, Dirjen Tanaman Pangan selaku Penanggung jawab UPSUS, Aster Kasdam II/SWJ, Kolonel Inf Deni Marthen Rihi, Kepala Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel, Kepala Dinas Pertanian Banyuasin dan Kepala Dinas Pertanian OKI, Dandim 0401/MUBA dan DANDIM 0402/OKI.

Dihadapan sekitar 300 personil TNI Korem 044/Gapo, Hasil Sembiring berpesan agar para personil dapat bahu membahu bersama petani dan aparat pertanian di lapangan dalam menyukseskan target luas tanam padi  bulan September 2016. Penguasaan target luas tanam di masing-masing desa/kecamatan, strategi pencapaian dan pengenalan wilayah pergerakan sangat diperlukan untuk kesuksesan operasionalisasi di lapangan. Termasuk memastikan bahwa traktor R2 dan R4 yang ada di lokasi percepatan dapat dioptimalkan/dimobilisasi dalam mendukung upaya percepatan tanam. Tidak boleh ada alsintan yang mubadzir.

Berdasarkan data luas tambah tanam harian, luas tanam padi Sumsel pada bulan Agustus 2016 sudah mencapai 30.462 ha, lebih tinggi dibandingkan pada tahun lalu di bulan yang sama. Begitu pun dengan capaian luas tanam padi tahun 2016 sudah melampaui capaian tahun 2015.  Sampai dengan bulan Agustus ini, luas tanam padi sudah mencapai sekitar 926.000 ha. Melalui percepatan tanam di Bulan September ini ditargetkan luas tanam padi di Sumsel akan menembus angka 1,12 juta ha, meningkat 25% dibandingkan tahun lalu.  Dengan adanya dukungan dari jajaran TNI Kodam II/Sriwijaya dan kerja nyata seluruh komponen di lokasi percepatan tanam dan kondisi ilkim yang mendukung,  Insya Alloh target tersebut dapat tercapai [HUMASTP].

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00