Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

SIDANG EVALUASI DAN PENILAIAN CALON VARIETAS TANAMAN PANGAN DALAM RANGKA PELEPASAN VARIETAS

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2019 tentang Pelepasan Varietas Tanaman dan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 681/HK.540/C/11/2019 tentang Prosedur Operasional Standar Penilaian Varietas Dalam Rangka Pelepasan Varietas Tanaman Pangan, pada tanggal 21 – 22 Oktober 2021 telah dilaksanakan Sidang Evaluasi dan Penilaian Calon Varietas Tanaman Pangan oleh Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan (TPVTP) yang dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 130/HK.140/C/05/2021 tentang Perubahan Atas Lampiran Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 926/HK.140/C/04/2018 tentang Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan. Susunan keanggotaan TPVTP terdiri dari Sekretaris Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Direktur Perbenihan Tanaman Pangan, para Pemulia Tanaman Pangan, Ahli Sosial Ekonomi, perwakilan Perguruan Tinggi (Ahli Budidaya Tanaman Pangan, Ahli Statistik, Ahli Hama dan Penyakit), Ahli Bioteknologi dan Sumber Genetik Pertanian, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, perwakilan KTNA, Asbenindo dan MPPI. Tim yang hadir antara lain : Prof. Dr. Ir. Satoto, MS., Dr. Ir. M.Muchlish Adie, MS., Dr. Muhammad Azrai, SP, MP., Drs. Lukman Hakim, Dr. Ir. Syahyuti, M.Si., Wiji Astutiningsih, SP., MP., Dr. Ir. Sobrizal, M.Sc., Dr. Eka Tarwaca Susila Putra, SP., MP., Ir. HME. Achdijat Basari dan Zulharman Djusman, SE.

Jumlah calon varietas yang dievaluasi dan dinilai sebanyak 12 (duabelas) terdiri dari 2 (dua) calon varietas padi (B14954-MR-5-1 dan Menor), 6 (enam) calon varietas jagung hibrida (CR-01, X35P850, X35P649, X35P635, KH 1 dan ADV9139) dan 4 (empat) calon varietas kedelai (A-5-PSJ, A-7-PSJ, GH18-2 dan GH18-10). Pengusul calon varietas padi berasal dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi dan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Pengusul calon varietas jagung hibrida berasal dari CV Crindo Satria Agro, PT Corteva Agriscience Seeds Indonesia, PT Nusantara Indo Raya Agri Makmur dan PT Advanta Seeds Indonesia. Sedangkan pengusul calon varietas kedelai berasal dari Pusat Riset dan Teknologi Aplikasi Isotop dan Radiasi-ORTN-BRIN dan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.

Terkait dengan tugas TPVTP dalam memberikan prosedur penilaian dan saran teknis penilaian, maka hasil evaluasi dan penilaian terhadap 12 (duabelas) calon varietas tanaman pangan dapat direkomendasikan untuk dilepas sebagai varietas unggul sebanyak 11 (sebelas) calon varietas tanaman pangan dengan perbaikan proposal sesuai hasil evaluasi dan penilaian TPVTP. Sebelas calon varietas tersebut adalah 2 (dua) calon varietas padi (B14954-MR-5-1 dan Menor), 6 (enam) calon varietas jagung hibrida (CR-01, X35P850, X35P649, X35P635, KH 1 dan ADV9139) dan 3 (tiga) calon varietas kedelai (A-7-PSJ, GH18-2 dan GH18-10). Sedangkan 1 (satu) calon varietas kedelai (A-5-PSJ) tidak direkomendasikan untuk dilepas sebagai varietas unggul karena tidak lebih unggul dari pembanding terbaik.   

Bupati Kulon Progo (Drs. H. Sutejo) hadir bersama jajarannya ikut serta pada sidang evaluasi dan penilaian calon varietas tanaman pangan tersebut dan memaparkan usulan pelepasan calon varietas padi Menor yang berkembang di Kabupaten Kulon Progo. Sutejo menjelaskan setiap daerah mempunyai hak dan kewajiban untuk mengelola dan memperoleh keuntungan dari hasil sumber daya genetic (SDG) asli daerah secara leluasa. Beras putih, wangi dan pulen yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo adalah padi lokal Menor. Oleh karena itu, SDG padi Menor perlu dilestarikan sehingga nilai guna dan manfaatnya dapat dinikmati oleh masyarakat, sekaligus sebagai upaya untuk mencegah kepunahan baik karena hilang maupun karena bencana alam, demikian disampaikan Sutejo. 


Penulis : Purwancaturita Maryani (PBT Ahli Madya) 


WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00