Jl. AUP No. 3 Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12520,
Provinsi DKI Jakarta

(021) 7824 669

ID EN
Logo

Kementerian Pertanian

Direktorat Jenderal
Tanaman Pangan

7

“Calon Varietas Jagung Hibrida HSTG05 dan HSTG07 Tahan Genangan Hasil Kolaborasi antara Balitsereal dan Fakultas Pertanian IPB”

Sampai saat ini, varietas jagung hibrida yang toleran genangan air masih terbatas. Oleh karena perakitan varietas baru yang mampu beradaptasi terhadap cekaman genangan air, diharapkan dapat memberikan alternatif bahan tanaman bagi para petani sehingga mampu mendukung peningkatkan produktivitas usahatani, dan kesejahteraan petani jagung. Sehubungan dengan hal tersebut, Balai Penelitian Tanaman Serealia dan Fakultas Pertanian IPB telah melakukan perakitan varietas jagung hibrida toleran terhadap cekaman genangan dengan memanfaatkan galur-galur yang mempunyai sifat agronomis yang adaptif dan toleran cekaman genangan melalui beberapa tahap rangkaian penelitian seperti evaluasi galur toleran genangan, daya gabung, evaluasi toleransi hibrida terhadap genangan, hama dan penyakit utama jagung dan uji adaptasi.

Calon varietas HSTG05 merupakan hasil persilangan antara galur G28 dengan galur MGold yang berdaya gabung khusus baik berdasarkan hasil analisis silang uji sedangkan HSTG07 merupakan hasil persilangan antara galur IPB L15 sebagai tetua betina dengan galur elit Balitsereal MR14 sebagai tetua jantan yang berdaya gabung khusus baik berdasarkan hasil analisis silang uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat toleransi calon varietas HSTG05 dan HSTG07 pada kondisi genangan memiliki nilai indeks toleransi cekaman (ITC) berturut-turut adalah sebesar 0,87 dan 0,90.

Keunggulan kedua calon varietas yang diusulkan, dipaparkan oleh Dr. Ahmad Muliadi dihadapan Tim Penilai Varietas Tanaman Pangan (PVTP) pada sidang evaluasi dan penilaian calon varietas yang dilaksanakan di Hotel Salak Bogor pada tanggal 29 Juni 2021. Tim penilai terdiri dari Prof. Dr. Satoto, MS., Dr. Ir. Muchlish Adie, MS., Dr. M. Azrai, SP., MP., Drs. Lukman Hakim, Dr. Ir. Sobrizal, M.Sc., Dr. Ir. Syahyuti, M.Si., Wiji Astutiningsih, SP., MP., Ir. HME. Achdijat Basari, Ir. Ayub Darmanto, dan Zulharman Djusman, SE.

Tim PVTP pada sidang evaluasi dan penilaian calon varietas memutuskan bahwa kedua calon varietas yang diusulkan direkomendasikan untuk dilepas menjadi varietas unggul sesuai berita acara hasil sidang No. 25/TPVTP/06/2021, tanggal 29 Juni 2021. Kedua calon varietas yang direkomendasikan untuk dilepas adalah HSTG05 dan HSTG07, berturut-turut dengan usulan nama varietas JHG 01 dan JHG 02. Kedua calon varietas tersebut memiliki ketahanan terhadap penyakit bulai P. philippinensis dan P. maydis. Tingkat toleransi calon varietas HSTG05 tergolong agak tahan sedangkan untuk HSTG07 agak toleran pada kondisi genangan. Potensi hasil kedua galur tersebut lebih dari 12 t/ha dan potensi produksi benih F1 lebih dari 2 t/ha. Proses pelepasan calon varietas jagung hibrida HSTG05 dan HSTG07 dapat dilaksanakan setelah perbaikan proposal diterima Tim PVTP dan akan diterbitkan rekomendasi.

Penulis : 1. Ir. Purwancaturita Maryani, MM (PBT Ahli Madya)

               2. Heny Setiyowati, SP (PBT Ahli Pertama)

WhatsApp


Email


Jam Pelayanan

Hari Kerja
08:00 s/d 16:00